Wulan Guritno dan WWF Kampanyekan Pelestarian Gajah Sumatera

JawaPos.com – Artis peran Wulan Guritno, bersama dua rekannya, Janna Soekasah Joesoef dan Amanda Soekasah mengajak masyarakat untuk peduli terhadap upaya pelestarian gajah Sumatera. Hal itu dilakukannya bersama WWF Indonesia dengan proyek yang diberi nama Gelang Harapan.

Niat baik Wulan dan rekan-rekannya itu berawal dari kunjungan mereka ke Taman Nasional Tesso Nilo, Riau pada Agustus lalu. Untuk mewujudkan hal tersebut, Wulan mengadakan acara penggalangan dana bertajuk Hope for Life.

“Tujuannya mungkin panggilan jiwa. Kita tuh nggak memilih tapi kita yang dipilih, seperti dibukakan jalan oleh Tuhan atau universe. Kalau ini, Gajah yang memilih kita, seperti meminta bantuan,” ucap Wulan saat ditemui dalam acara Hope for Life Charity Night for Sumatran Elephant di Monopoli Hotel, kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (3/12) malam.

Menurut Wulan, kelangsungan hidup gajah di habitatnya sangatlah penting untuk dijaga demi keseimbangan ekosistem alam dan mengurangi angka konflik antara gajah dan manusia. Dia juga menambahkan tidak perlu ada saling tuduh siapa yang salah, perusahaan tertentu atau oknum, terpenting, semua berjalan seimbang. Kehidupan gajah dan manusia.

“(Agar gajah) Tidak terbunuh, tidak terjadi konflik, mungkin mereka bisa beranak pinak lagi, sehingga ekosistem kita makin baik lagi,” papar Wulan memaparkan tujuan acara tersebut.

Dalam acara ini, Wulan juga menggandeng beberapa seniman untuk berkarya dan mendonasikan hasil penjualan karya tersebut. Beberapa seniman yang turut terlibat, di antaranya adalah Nasirun, Julian Latif, Pierre Guillaume, dan Cinanti Astria Johansyah. Beberapa rekannya sesama selebriti juga turut hadir dalam acara tersebut, seperti Ario Bayu, Aming, dan Gisella Anastasia.

(yln/JPC)